Pengolahan Serabut Kelapa Menjadi Bantal

0
49

Kelapa merupakan tanaman yang mudah ditanam diberbagai jenis lahan, semua bagian dari kelapa dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna, termasuk serabut kelapa. Selama ini serabut kelapa hanya digunakan menjadi bakaran untuk menghidupkan api jika ingin memasak, tanpa dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah produk.

Menurut Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS kepada SwaraKampus.com kurangnya pemanfaatan serabut kelapa di Padukuhan Pucang Gading, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, ini maka dosen Doriani Lingga, S.E., M.A.Ec dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 mencoba untuk mengolah serabut kelapa menjadi isian bantal.

Pelaksanaan praktek pembuatan produk bantal isi serabut kelapa dilakukan pada tanggal 3 Januari 2018 yang berlokasi dikediaman Kepala Dukuh Pucang Gading. Pada praktek pembuatan produk isian bantal dari serabut kelapa dilaksanakan bersama ibu-ibu warga padukuhan Pucang Gading.

Kemudian, praktek dilakukan dengan cara memberikan arahan mengenai bahan-bahan apa saja yang akan dipakai, serta mengajarkan cara untuk membuat produk tersebut. Contoh pengemasan produk diberikan agar peserta program kerja memahami proses pengemasan produk. Pada proses dilaksanakan mengajar tentang pemasangan produk yang ideal agar peserta program kerja memahami pasar yang tepat untuk produk.

Hasil yang dicapai adalah peserta program kerja ingin mengulang pembuatan produk untuk dipasarkan. Selain itu peserta program kerja tertarik dengan keunikan produk bantal isi serabut kelapa dan tertarik untuk melanjutkan hingga saat ini sebagai usaha sampingan ibu-ibu warga padukuhan Pucang Gading. Demikian keterangan yang diberikan Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here