Pembuatan Tempat Tissue Dari Pelepah Pisang atau Daun Pisang

0
7

Selain buah yang dapat diolah, pelepah pisang juga dapat diolah menjadi sebuah kerajinan. Biasanya pelepah pisang dibuang begitu saja oleh mayoritas masyarakat di Padukuhan Kriyan, pelepah yang biasa menjadi sampah dapat didaur ulang sehingga menambah kemampuan kewirausahaan masyarakat dengan menambah nilai guna pada pelepah pisang.

Menurut Dr. Y. Argo Twikromo, MA kepada SwaraKampus.com program kerja yang dilakukan oleh dosen Woro Wiratsih. S.Pd.,MA dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 memberikan sebuah pengetahuan mengenai cara membuat tempat tisu dari pelepah pisang atau daun pisang dengan berbahan dasar kardus bekas agar bisa menjadikan usaha dengan daur ulang sampah di Padukuhan Kriyan, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Memberikan informasi mengenai bahan-bahan pembuatan kewirausahaan dan mempraktekkan cara pembuatan tempat tisu menggunakan pelepah pisang atau daun pisang, serta memberikan cara pemasaran. Dimana pembuatan tempat tisu menggunakan bahan dasar kardus bekas, menggunakan bahan dasar ini dapat menghemat biaya.

Hasilnya warga mendapat pengetahuan mengenai cara pembuatan tempat tisu menggunakan bahan bekas. Warga sangat antusias karena produk yang dibuat mengasilkan nilai ekonomi dan mendorong warga dipedukuhan lebih kreatif dalam mengolah limbah dari bahan bekas, serta dapat diproduksi hingga saat ini.  Demikian keterangan yang diberikan Dr. Y. Argo Twikromo, MA kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here