Peningkatan Kewirausahaan Pengolahan Coconut Puding

0
26

Pohon kelapa banyak ditemukan di sekitar pemukiman warga Pedukuhan Kriyan namun kurang dimanfaatkan oleh warga. Biasanya kelapa yang sudah dipanen langsung dijual tanpa diolah terlebih dahulu.

Menurut Th. Diah Widiastuti, SE., M.Si kepada SwaraKampus.com, berdasarkan pengamatan ketika melakukan pengabdian masyarakat oleh dosen Woro Wiratsih. S.Pd.,MA dan mahasiswa KKN angkatan 72 UAJY tentang kurangnya pemanfaatan kelapa di Padukuhan Kriyan, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, ini maka mengolah kelapa menjadi coconut pudding.

Pelaksanaan praktek pembuatan coconut puding dilakukan pada tanggal 26 Desember 2017 yang berlokasi di rumah Bapak M. Giyono selaku Bapak Pedukuhan Kriyan. Pada praktek pembuatan coconut pudding dilaksanakan bersama Kelompok Wanita Tani (KWT). Praktek dilakukan dengan cara memberikan arahan mengenai bahan-bahan apa saja yang akan dipakai untuk pembuatan produk coconut pudding serta mengajarkan cara untuk membuat produk coconut pudding dengan baik.

Peserta program kerja antusias dalam melaksanakan program kewirausahaan coconut pudding. Warga mencatat dengan rinci bahan dan cara pembuatan coconut pudding. Kemampuan masyarakat Kriyan membuat produk coconut pudding sampai saat ini dapat menambah nilai jual pada kelapa. Demikian keterangan yang diberikan Th. Diah Widiastuti, SE., M.Si kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here