Bross Kerundung Kulit Jagung

0
5

Potensi yang ada di Padukuhan Pringapus, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, yaitu banyaknya hasil sumber daya alam berupa jagung. Hasil sumber daya alam tersebut masih kurang dimanfaatkan oleh masyarakat di padukuhan tersebut.

Menurut Thomas Adi Purnomo Sidhi, ST. MT kepada SwaraKampus.com pegabdian masyaraat yang dilakukan dosen Lucinda. Dra., M.Lett dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 dengan program kerja bidang kewirausahaan kerajinan yang dilakukan ialah pembuatan bross kerudung yang berbahan dasar kulit jagung, Program kerja ini bertujuan untuk melakukan pemanfaatan sumber daya alam jagung yaitu kulit jagung untuk dijadikan produk yang menarik dan memiliki nilai jual.

Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2018 dan bertempat di rumah Ibu Suker yang dihadiri oleh Ibu-ibu Dasawisma. Pelaksanaan program kerja terdiri dari kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan bross kerudung yang terbuat dari kulit jagung. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang sudah disiapkan terlebih dahulu oleh Peserta KKN sehingga memudahkan pada saat proses pelatihan pembuatan bross.

Program kerja terlaksana dengan lancar dan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat padukuhan Pringapus yang hadir pada pertemuan Ibu-Ibu Dasawisma. Respon yang baik terlihat dari Ibu-ibu Dasawisma yang aktif bertanya dalam kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan bross kerudung. Produksi bross kerudung dari kulit jagung sampai sekarang dapat menambah nilai jual masyarakat Pringapus. Demikian keterangan yang diberikan Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here