Bidang Kewirausahaan Pengolahan Produk Makanan Keripik Talas

0
151

Tumbuhan talas di Padukuhan Balak, Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulonprogo, belum dimanfaatkan masyarakat Padukuhan Balak menjadi produk yang memiliki nilai jual. Talas biasanya hanya diolah oleh masyarakat Padukuhan Balak dengan cara direbus ataupun digoreng dan dikonsumsi sendiri.

Menurut Ir. F. Soandrijanie Linggo, MT kepada SwaraKampus.com pada perencanaan program kerja kewirausahaan yang dilakukan dosen Peter F. Kaming, Ir. M.Eng., Ph.D dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 pada 2017 tujuan sosialisasi ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat Padukuhan Balak, bahwa bahan dasar seperti talas dapat diolah menjadi produk makanan yang lebih memiliki nilai jual yaitu keripik.

Program kerja kewirausahaan ini dimulai dari mengajarkan cara mengolah dan membuat talas menjadi keripik, kemudian memberikan contoh pengemasan yang baik dan menarik untuk produknya. Setelah itu kelompok memberikan informasi mengenai cara dan manfaatpemasaran produk.

Masyarakat terkhususnya ibu-ibu sangat antusias dalam mengikuti pelaksanaan program kerja pembuatan keripik ini dan antusias ikut serta aktif dalam praktek kewirausahaan keripik ini. Akhirnya masyarakat padukuhan Balak mengetahui bagaimana proses membuat keripik talas menjadi produk makanan yang lebih menarik minat pasar dan dapat dijual dengan nilai cukup tinggi sampai saat ini. Demikian keterangan yang disampaikan Ir. F. Soandrijanie Linggo, MT kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here