Peningkatan Kewirausahaan-Pembuatan Singkong Pop Di Pedukuhan Blembeman II

0
61
foto:LPPM UAJY

Padukuhan Blembeman II Desa Natah, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul memiliki potensi penduduk yang dapat dikembangakan untuk membuat olahan dari bahan singkong. Namun, warga Padukuhan Blembeman II kurang mengerti bagaimana cara mengolah singkong menjadi makanan yang lebih menarik, walaupun para warga sudah biasa mengolah singkong.

Menurut Suryo Adi Pramono (Dosen Sosiologi UAJY) kepada SwaraKampus.com pelaksanaan pengabdian masyarakat KKN tetap berjalan hingga saat ini, karena dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan pengolahan produk pangan dapat meningkatkan skill untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

 

Untuk keperluan tersebut di atas, Dr. E. Sundari, S.H., M.Hum telah melakukan pengabdian masyarakat bersama 10 mahasiwa/i Kuliah Kerja Lapangan Angkatan 74 UAJY di Padukuhan tersebut pada Desember 2018 yang baru lalu.

foto: LPPM UAJY

Di sana mahasiswa/i KKN mencoba mengembangkan olahan singkong dengan mengolahnya menjadi Singkong POP dengan memberikan pelatihan kepada ibu-ibu PKK. Program tersebut dilaksanakan pada 22 Desember 2018.

 

Warga terlihat antusias karena warga ingin mengetahui bagaimana cara pengolahan singkong yang lebih menarik dan memiliki nilai jual. Demikian keterangan yang disampaikan oleh Suryo Adi Pramono kepada SwaraKampus.com.

 

Anggun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here