ASMI Santa Maria Yogyakarta Menyebarkan Semangat Menulis Mahasiswa

0
42
Drs. Pardi Suratno, M.Hum (kanan) saat memberi penjelasan terhadap mahasiswa terkait penulisan efektif, Rabu (21/11/2018.)

Yogyakarta – ASMI Santa Maria Yogyakarta mengadakan Seminar bersama Balai Bahasa DIY dengan tema “Menulis Efektif : Menerapkan EBI dan Kaidah Kebahasaan dalam Penulisan Surat dan Karya Ilmiah”. Diawali dengan doa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan lagu Mars ASMI Santa Maria.

Sambutan oleh Direktur Drs.Y.Suraja, M.Si., M.M. mengatakan bahwa sebagai warga negara Indonesia kita harus menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia dengan cara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Niat pemuda ditingkatkan untuk berbahasa Indonesia sesuai kaidahnya. “Semoga mahasiswa ASMI mendapatkan informasi untuk bisa mewujudkan kemampuan dalam menulis efektif, ” katanya, Rabu (21/11/2018) di Auditorium ASMI Santa Maria Yogyakarta.

Dikatakan Drs. Pardi Suratno, M.Hum selaku Kepala Balai Bahasa DIY, bahasa adalah ciri khas bangsa, kesadaran setiap orang penting untuk memahami suatu budaya, baik dari luar maupun dari dalam negara. Yang perlu diperhatikan dalam menulis efektif adalah bahasa layanan publik, kesantunan, dan etika berbahasa di media sosial.

Ditambahkan Kristina Wasiyati selaku Dosen Bahasa Inggris ASMI Stama Yogyakarta, bahwa yang disebut sebagai kalimat efektif meliputi, keharmonisan, keparalelan, ketegasan, dan kehematan kalimat. “Perhatikan tentang ketepatan diksi, kesantunan, dan ketepatan ejaan dalam penulisan,” katanya.

Linda
Mahasiswa ASMI Santa Maria

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here