Generasi Milenia di Era Disrupsi

0
23
Sumber foto: makeawebsitehub.com

Pada dasarnya setiap pemuda memiliki masa yang berbeda, kondisi yang berbeda, maka tantangan pun juga berbeda dan yang terbaik adalah mereka yang mengetahui masanya. Pemuda menjadi tumpuan atas berbagai persoalan. Karena realita pemuda hari ini dapat diproyeksikan untuk memprediksi masa mendatang. Pemuda saat ini sebagai mana makna pahlawan dan sebuah arti penting sosoknya tidak kemudian selesai pascakemerdekaan Indonesia.

Predikat pahlawan tidak sesempit diartikan secara fisik sebagai pejuang di medan peperangan. Akan tetapi, pahlawan masa kini dapat terlihat dari perilaku maupun tindakan yang layak jadi teladan dan contoh bagi bangsa. Mengawal perilaku dan semangat mereka mampu memompa generasi muda untuk melakukan hal yang sama,disruption masa kini. Generasi muda, khususnya mahasiswa harus mampu menampilkan semangat yang telah diwariskan para pahlawan.

Mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan karakter cerdas dan santun, berfikir kritis, baik secara emosional, intelektual, sosial, dan spiritual hingga patut menjadi contoh masyarakat luas. Pemuda harus ikut semangat para pahlawan. Generasi muda ideal dengan karakter cerdas dan santun masih jauh dari kenyataan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran generasi muda dalam meneladani nilai-nilai yang dimiliki para pahlawan.

Lunturnya sosok pahlawan pada generasi muda saat ini menjadikan dilema tersendiri bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Sehingga generasi muda terlebih mahasiswa kurang mampu meneladani nilai-nilai yang dimiliki para pahlawan dalam berjuang memerangi penjajah, terutama nilai keikhlasan dan kejujuran.

Pudarnya nilai keikhlasan dan kejujuran pada mahasiswa tercermin ketika mereka melakukan ujian dan penyelesaian tugas dengan cara yang instan, bahkan copy paste. Sebagai penyambung kepemimpinan, mahasiswa seharusnya mampu meneladani sikap pahlawan yang selalu mementingkan kepentingan umum, ikhlas berkorban di atas kepentingan pribadi. Sehingga mereka mampu menjadi pewaris yang handal.

Momen hari pahlawan, para pemuda semangatnya dipetik oleh mahasiswa maupun dosen dengan cara berbagi kegiatan positif dalam berjuang dan mengembangkan kajian ilmiah, intelektual, spiritual, menumbuhkan jiwa entrepreneur, aktif berorganisasi dan tidak hanya berkutat pada ruang kuliah semata. Semua mampu mengenal sosok pahlawan kemerdekaan dan mampu menjadi pahlawan pendidikan dengan membaca biografi dan perilakunya dengan merujuk diberbagai sumber informasi yang valid mengenai sosok pahlawan.

Selanjutnya, agar menjadi mahasiswa yang cerdas dan santun, mereka harus mampu membiasakan diri pada dunia akademik secara sungguh-sungguh dan mampu menyampaikan gagasan dengan komunikasi yang baik serta mampu memposisikan dirinya. Dengan begitu, mahasiswa akan menjadi pewaris yang handal, tapi tidak hidup di masa lalu. Mahasiswa mampu mengambil pelajaran dari pahlawannya dan mampu mengembangkannya. Selamat hari Pahlawan

Naimatus Tsaniyah
Prodi Pendidikan Bahasa arab
Fakultas Pendidikan Agama Islam
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here