FISIP UNS Jawara Debat Nasional IGC 2018

0
199
Sumber foto: kabarsolo.co

Tim mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih juara pertama dalam Kompetisi Debat Nasional International Governance Conference (IGC) 2018 dengan tema “Engaging The Spirit Of Youth Towards SDG’s 2030” di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sulawesi Utara.

Mereka adalah M. Noverizko Adriano (Administrasi Negara 2014), Muhijaatul Asfarah (Administrasi Negara 2017) dan M. Ikhsanul Amin (Administrasi Negara 2017).

Kejuaraannya International Governanve Conference (IGC) dibawah pengawasan Dewan Juri yaitu Tommy Bawulang PhD; Tiur Simanjutak MEd, dan Sri Gustiani M.TESOL Ed.

Dilansir dari laman UNS, Rabu (18/4), sebanyak delapan tim dari lebih 20-an peguruan tinggi dan IPDN di Indonesia tersebut diundang untuk mengikuti seleksi selanjutnya dalam kompetisi debat nasional.

Kedelapan tim tersebut adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Jawa Tengah, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Negeri Manado (UNIMA), Intitut Pertanian Bogor (IPB) Bogor yang terdiri dari 2 tim, Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat, IPDN Sulawesi Utara dan IPDN Papua.

Setiap peserta debat wajib mempersiapkan pembahasan dan mosi-mosi debat yang berhubungan dengan 17 poin sustainable development goals yang dirilis oleh united nation undevelopment programe (UNDP).

Serta berupaya menemukan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia khususnya yang berhubungan dengan mosi-mosi hak politik; sistem pemilu, politik dan demokrasi di indonesia; serta isu politik dan hukum.

Dalam IGC 2018 tim dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil meraih peringkat pertama mengalahkan tim dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan Institut Pertanian Bogor (IPB) tim B.

Selain itu M. Noverizko Adriano juga dinobatkan sebagai Best Speaker dalam IGC 2018 tersebut, dimana sebelumnya juga pernah menjadi delegasi terbaik nasional di Temu Nasional Administrator Muda Indonesia dua tahun berturut-turut di Universitas Padjajaran Jawa Barat 2016 dan di Universitas Maritim Raja Ali Haji Kepulauan Riau 2017. (Awib)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here