UB Berharap SBMPTN Dapat Menggunakan Android

0
103
Sumber foto: ujiansma.com

Universitas Brawijaya (UB) siap menyelenggarakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2015. Tergabung dalam Panitia Lokal (Panlok) 55 Malang, UB menjadi tempat pelaksanaan ujian Bidang Campuran, yang merupakan gabungan Sains Teknologi (Saintek) dan Sosial Humaniora (Soshum).

Seperti diberitakan, SBMPTN 2018 kali ini, UNPAD akan menggunakan sistem Mobile Assisted Testing (MAT) atau ujian menggunakan basis perangkat mobile. Melihat sistem percobaan yang dilakukan tahun ini oleh UNPAD, maka panlok 55 (panlok) Malang berharap bisa menggunakan sistem tes serupa di tahun depan.

“Kami berharap, basis penggunaan Android tidak hanya di UNPAD saja, semoga tahun depan bisa dilakukan ke yang lain juga,” papar Wakil Rektor I Universitas Brawijaya, Prof Dr Kusmartono saat ditemui dalam konpres, Rabu (4/4).

Meskipun berharap tahun depan panlok Malang menggunakan MAT, pihaknya masih merasa kurang yakin, “Kan ini masih ujicoba ya, deg-degan juga kalau misal ada kendala yang tidak terduga. Tapi ya semoga lancar semuanya,” tambahnya.

Untuk 2 jenis test lain UTBK dan UTBC, panlok 55 Malang mengaku sudah sangat siap. Karena tidak ada perubahan yang berarti pada proses SBMPTN 2018 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kami UB sediakan 745 buah komputer, UM sediakan 825 komputer dan UIN Maliki Malang 120 komputer,” jelas Kusmartono lagi.

Selain itu tim Humas Universitas Negeri Malang, Dra Aminarti Wahyuni mengungkapkan, tahun ini UB dan UM kompak untuk tidak mengadakan tes seleksi jalur Mandiri. Sehingga proses seleksi jalur ini nantinya akan mengambil nilai dari hasil SBMPTN yang akan digelar bulan depan.

Aminarti juga menghimbau agar pendaftar SBMPTN 2018 mengisi data yang disediakan dengan informasi yang sebener-benarnya dan sedetail mungkin. Hal tersebut dimaksudkan agar panlok yang bertugas bisa mengakomodasi pendaftar selama tes berlangsung.

“Seperti tahun lalu, pendaftar masih saja ada yang tidak mencantumkan beberapa kebutuhan khusus yang dibutuhkan peserta, khususnya peserta khusus difabel. Demi kenyamanan tes, ada baiknya peserta mengisi dengan benar dan detail terkait pelaksanaan tes,” jelasnya. (Awib)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here