7 Tipe Mahasiswa Indonesia Yang Kuliah di Luar Negeri

0
453
Sumber foto: Istimewa

Pasti banyak yang belum mengetahui, ternyata mahasiswa Indonesia di luar negeri memilki karakteristiknya masing-masing. Hidup di luar negeri penuh dengan perjuangan, mulai dari beradaptasi dengan “lidah baru” dan hidup dalam musim yang berbeda dengan Indonesia.

Biarpun di luar negeri tetap saja termasuk ke dalam golongan mahasiswa rantau. Karena bukan negara sendiri, biasanya para mahasiswa Indonesia di luar negeri punya kegiatan berbeda. Berikut beberapa klasifikasi khusus bagi kamu yang mau mengetahui kehidupan mahasiswa Indonesia di luar negeri. Simak ya.

Tipe Rajin Belajar

Mahasiswa tipe ini orientasinya menaklukan nilai terbaik untuk study-nya, sehingga mereka akan berfikir ribuan kali untuk mengikuti organisasi. Eets, namun jangan keliru, mahasiswa tipe ini berbeda dengan di Indonesia, karena mahasiswa tipe rajin belajar di luar negeri memiliki kebiasaan untuk tetap menghibur diri. Pulang kuliah nonton Youtube dengan channel nge-hits-nya atau sesekali jalan-jalan keliling kota. Setelahnya kembali lagi untuk belajar.

Tipe Exchange

Kalau mahasiswa tipe ini aktif banget dengan berbagai kegiatan, terlebih kegiatan di luar negeri. Motto-nya “Mumpung di luar negeri, harus pol-polin traveling melihat keindahan dunia lainnya”. Mahasiswa tipe ini berkeyakinan, tinggal di luar negeri tidak lama, sehingga harus dimaksimalkan untuk jalan-jalan dan berlibur.

Tipe Pesta Pora

Kehidupan di luar negeri yang bebas tanpa sadar memberikan pengaruh juga untuk para mahasiswa Indonesia di luar negeri. Kok bisa? Semua pasti ada yang kegiatannya have fun dengan teman-temannya, masuk dari satu pintu bar ke bar yang lain. Sulitnya belajar di luar negeri dengan perbedaan bahasa terus melunturkan semangatnya untuk fokus. Sehingga berpesta dan berkumpul bersama teman hingga larut malam menjadi surga baginya.

Tipe Angkatan Senior

Tipe ini ada pada mahasiswa di akhir-akhir, mereka aktif banget di berbagai kelompok mulai dari organisasi, komunitas, in the genk,ataupun media sosial. Biasanya mereka akan banyak memberi petuah, dan memiliki banyak teman. Lalu yang paling menyebalkannya, mahasiswa senior di luar negeri selalu menobatkan diri super sibuk, walaupun terkadang juga sok sibuk.

Tipe Modus

Mahasiswa tipe ini selalu bilang kepada temannya “Gue harus belajar” padahal sampai kamar nonton korea sepanjang hari. Mereka juga selalu sulit jika diajak kumpul dengan alasan ngerjain tugas, padahal merekapun kesulitan dan berharap besok teman pintar sekelasnya datang membantu. Tipe modus juga dinobatkan untuk mahasiswa yang berambisi punya pacar “bule”. Instagram akan lebih mewah jika ada foto pasangan, terlebih bule.

Tipe Anteng-Home Sick

Mahasiswa rantau paling parah ialah mahasiswa Indonesia di luar negeri, bagaimana tidak, ribuan kilometer ditempuh pada umumnya negara yang dituju. Difikirannya hanya satu, pertanyaan “Kapan” selalu muncul. Kapan Liburan? Setiap malam jika teman sekamar sudah tidur, airmata berlinang. Mahasiswa tipe ini bingung bagaimana harus menikmati study seoptimal mungkin. Mereka tertawa namun tidak lepas, mereka belajar namun tidak fokus. Pulang!

Tipe Tuan/Nyonya Medsos

Zaman sekarang siapa yang tidak menikmati media sosial? Hampir seluruh umat modern dan muda memiliki salah satu akun media sosial. Bagi mahasiswa Indonesia di luar negeri, media sosial menjadi lahan paling mutakhir untuk melepas penat. Update foto di Path atau Instagram seakan menjadi hiburan, terlebih melihat banyaknya likes. Jangan lupa mahasiswa tipe ini memilki tingkat ke-kepo-an yang tinggi untuk memaksimalkan media sosial yang ada.

Jika melihat tipe ini, sepertinya tidak harus mahasiswa Indonesia yang kuliah di LN ya, mahasiswa dalam negeri yang kuliahnya pake merantau ke daerah lain juga sama. Nah, kamu sendiri termasuk dalam tipe yang mana? (Red)

(Diedit dari Tim Gud Lak ID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here