Belajar Bersama Mahasiswa Unicen dan UMI Bidang Tambang

0
97
Foto: Istimewa

Salah satu kompetensi kampus Abad 21 adalah kemampuan melakukan kolaborasi. Bekerjasama dan belajar bersama, karena dengan bertukar pengalaman dan saling sharing akan menambah wawasan dan pengalaman.

Itulah yang dilakukan 54 mahasiswa teknik pertambangan Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua yang kembali belajar bersama di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar (4-9/3).

Proses praktik dan kuliah kolaborasi antara mahasiswa teknik pertambangan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI dan mahasiswa Uncen berlangsung di Kampus Lapangan FTI UMI di Pujanantin Kabupaten Barru Sulawesi Selatan.

Adapun sejumlah hal yang dipelajari seperti orientasi medan, pengenalan alat survey dasar dan alat survey digital, pemetaan sumberdaya terukur dan eksplorasi mineral dan batubara.

“Kolaborasi ini sebagai implementasi kerjasama antara Teknik Pertambangan FTI-UMI dengan FT Universitas Cendrawasih,” kata Dekan FTI UMI Zakir Sabara, Kamis (8/3).

Sebelumnya kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan praktik dan kuliah lapangan dengan Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Papua, Papua Barat.

Foto: Istimewa

Sementara itu, Ketua program studi teknik mesin D3 Fakultas Teknik Unicen, I Ngurah Suhartana berharap agar mahasiswa Teknik Unicen kelak dapat menciptakan lapangan kerja baru. “Jangan hanya menunggu penerimaan PNS,” pesan Suhartana.

Menurutnya,lulusan sarjana tidak harus bekerja sebagai pegawai negeri sipil, “Minimal mahasiswa nantinya bisa menciptakan lapangan kerja baru dan tidak perlu patah arang dalam melanjutkan masa depannya,” harapnya lagi. (Awib)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here