Pertama di Indonesia, UI Luncurkan Lab Kendali Canggih

0
155
Foto: Istimewa

Selain memang dituntut kritis, perguruan tinggi juga memiliki dharma yang tidak kalah penting yakni riset atau penelitian. Riset tentu dianggap lebih produktif ketimbang unjuk rasa. Kali ini Universitas Indonesia menunjukkan kelasnya sebagai kampus riset.

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meluncurkan laboratorium kendali canggih terhubung di Ruang K301 Engineering Center FTUI, Depok, Kamis, (02/03). Lab yang dibangun bekerjasama dengan Honeywell Hometown Solution ini diklaim menjadi yang pertama di Indonesia.

Lab kendali canggih ini berbasis komputasi awan (cloud-based connected building services),  Internet of Things (IoT), dan Artificial Intelligence (AI) yang dapat mengintegrasikan semua fasilitas dalam satu integrasi kendali dan koneksi. Dengan demikian dapat memungkinkan FTUI menerapkan konsep building integration yang biasa digunakan pada gedung-gedung modern.

Kemampuan integrasi yang bisa dilakukan diantaranya adalah sistem kontrol listrik untuk penghematan energi, akses kontrol pintu dengan kartu UI. Selain itu juga dapat melakukan pengawasan CCTV, pencatatan penggunaan energi listrik, dan monitoring alarm kebakaran.

Acara peresmian dihadiri oleh H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. (Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia); Joseph R. Donovan Jr. (Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia); Kerry Kennedy (Direktur Honeywell Hometown Solutions); Lydia Lu (Vice President of Asia HGR Communications); serta perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Foto: Istimewa

“Kami bangga menjadi universitas pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas canggih ini. Kami juga berterima kasih kepada Honeywell atas dukungannnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan teknik di Indonesia,” kata Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., Rektor Universitas Indonesia dalam sambutannya.

Honeywell adalah perusahaan perangkat lunak industri dunia yang terdaftar di Fortune 100 dan memiliki beragam teknologi untuk membantu pesawat terbang, mobil, rumah dan gedung, pabrik, rantai suplai dan para pekerja di dunia. Pembangunan lab di FTUI ini merupakan bagian dari upaya Honeywell mempromosikan bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM) di Indonesia.

Awib Lomanis

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here