Dosen Seperti Ini Pasti Menjadi Favoritmu

0
828
Sumber foto: Bandung Pilot Academy FB Profile

Sebagai mahasiswa di kampus besar, kamu dibolehkan memilih-milih dosen untuk matkul yang sama. Namun celaka jika kampus hanya menyediakan satu dosen untuk satu matkul wajib yang harus kamu ambil. Lebih celaka lagi jika dosen tersebut ternyata sangat menyebalkan.

Memang tidak mudah menjadi seorang dosen. Handicap utama mungkin faktor gap usia. Dosen uzur biasanya sulit beradaptasi dengan dunia anak muda. Sebaliknya, dosen muda juga gak menjamin asyik. Bisa disebabkan faktor karakter atau pembawaan diri yang kaku, galak, jaim dan sebagainya.

Dosen menjadi favorit sangat tergantung dari mahasiswanya pula. Berbeda-beda keinginan mahasiswa menentukan dosen yang favorit. Kategori berikut merupakan pilihan hampir semua mahasiswa. Dalam artian dapat terima oleh sebagian besar mahasiswa. Berikut kategorinya.

Usia muda.

Usia muda dipandang lebih kreatif dan inovatif terutama dalam menyampaikan materi kuliah. Diharapkan pula tidak ada semcam gap dengan dunia mahasiswanya. Dosen muda juga biasanya lebih energik dan mobilitasnya tinggi.

Good looking.

Wow, siapa yang tidak betah berlama-lama dikuliahi oleh dosen cantik ataupun dosen ganteng? Namun good looking di sini tidak sebatas fisik, melainkan juga “piranti” yang dikenakannya, modis, gaul, wangi, rapi, pokoknya enak dipandang deh.

Cerdas.

Ya, dosen favorit memang harus cerdas, menguasai materi ajaran. Bahkan kalau perlu cerdas semua hal, luas wawasannya dan banyak pengalaman. Mungkin saat mahasiswanya punya banyak prestasi atau juga seorang aktivis. Kan jadi enak diajak ngobrol, nyambung gitu.

Komunkatif.

Ini menjadi syarat mutlak. Dosen favorit adalah orang yang selalu bisa diajak dialog dua arah. Enak menyampaikan materi tapi juga mau mendengar. Komunkatif juga berarti dekat dengan mahasiswa, sabar, serta mau membimbing.

Materi dan cara mengajar.

Beberapa mahasiswa menganggap kuliah membosankan karena selain materinya tidak menarik, alat peraganya tidak menarik, juga penyampaian materinya. Untuk itu bagaimana membuat agar kelas lebih dinamis adalah tugas dosen favorit.

Murah nilai.

Tidak bisa ditampik, bahwa poin ini bisa menjadi kategori terpenting bagi seorang dosen favorit. Kamu sendiri tidak perlu bohong, pasti akan senang dengan dosen yang murah nilai. Tapi yang terutama, dosen favorit bisa menjelaskan di mana salahnya si mahasiswa.

Tidak sulit membuat soal.

Hampir semua mahasiswa sepakat bahwa hal yang paling horor di kampus adalah saat menghadapi ujian. Banyak yang berharap agar dosen membuat soal yang mudah, atau modelnya open book, atau malah ujian diganti saja dengan tugas membuat makalah.

Foto: Istimewa

Itulah beberapa kategori yang akan menjadi penilai apakah seorang dosen tersebut favorit atau tidak. Tidak ada salahnya kamu membuat semacam polling atau jajak pendapat di kelasmu untuk mengetahui siapakah dosen favorit? Siapa tahu bisa memacu setiap dosen untuk berlomba menjadi favorit mahasiswa.

Awib Lomanis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here