10 Kampus Swasta Dengan Biaya Terjangkau

5
4271
Sumber foto: youth-time.eu

Biaya mahal memang kadang menjadi tembok tebal yang menghalangi mimpimu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Menjadi mahasiswa bagi sebagian orang hanyalah mimpi. Maka bersyukur bagi kamu yang sudah berstatus mahasiswa.

Tapi apakah semua kampus berbiaya mahal? Terjangkau atau tidak sebetulnya sangat relatif mengingat status ekonomi keluarga Indonesia begitu beragam. Berikut SwaraKampus.com berbagi informasi akan kampus-kampus dengan kategori biaya terjangkau.

1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika.

Kampusnya ada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Biaya yang cukup terjangkau dan murah memang menjadi perhatian tersendiri bagi kampus ini dalam menyelenggarakan fungsi perguruan tingginya.

Mahasiswa hanya diwajibkan menyediakan anggaran kuliah antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per semesternya. Cukup murah untuk ukuran kota besar seperti Surabaya.

2. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kumala.

Kampus yang ini berada di Kota Metro, Lampung. Jyga dikenal sebagai kampus yang terjangkau untuk besaran biaya perkuliahan yang harus dikeluarkan, yakni sebesar Rp 125.000 hingga Rp 400.000 per semester.

STKIP Kumala ini merupakan universitas yang memang banyak diburu oleh masyarakat Lampung dan sekitarnya karena biaya yang terjangkau.

3. Universitas Selamat Sri.

Kampus berikutnya yang tergolong terjangkau adalah Universitas Selamat Sri yang ada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kampus yang akrab disebut UNISS Kendal ini memang dikenal terjangkau dari sisi biaya pendidikannya.

Besaran SPP yang harus dibayar oleh mahasiswa berada di kisaran Rp 250.000 per semester. Universitas Selamat Sri ini merupakan universitas milik Yayasan Wakaf Selamat Rahayu di Kota Kendal.

4. Universitas Bung Karno.

Berikutnya UBK yang dikenal sebagai Kampus Marhaen berada dibawah Yayasan Pendidikan Soekarno yang memang konsen di bidang pendidikan untuk mencetak generasi bangsa yang lebih baik (terutama wong cilik).

Besaran SPP di Universitas Bung Karno sebesar Rp 400.000 per semester. Cukup terjangkau bagi siapapun yang menginginkan jenjang pendidikan tinggi di Indonesia melalui Universitas Bung Karno ini, terutama di Kota Metropolitan DKI Jakarta.

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Kampus yang disingkat dengan UMBY ini berada di Kota Pendidikan, Yogyakarta. Mengingat universitas dengan nama yang sama juga ada di kota yang lain.

Kampus ini dikenal terjangkau dalam biaya perkuliahan yang harus dikeluarkan para mahasiswa untuk setiap semesternya yakni sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000.

Perlu ditambahkan sebagai catatan, bahwa selain berbiaya terjangkau untuk kuliah, karena berada di daerah seperti Yogyakarta, maka living cost-nya juga relatif murah (kost, transport, makan-minum, sandang, dll).

6. Universitas Pelita Bangsa.

Kampus UPB ini ada di daerah Cikarang, Kota Bekasi. Untuk biaya SPP yang wajib dibayar oleh mahasiswa di kisaran Rp. Rp 400.000 sampai dengan Rp 500.000. Cukup terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat yang berdomisili di kota industri seperti Bekasi dan sekitarnya.

7. Universitas Pamulang.

Universitas Pamulang atau disingkat UNIPAM ini berada di Kota Tangerang. Uang SPP yang wajib disediakan mahasiswa adalah Rp 600.000 per semester (6 bulan). Menariknya, biaya dapat diangsur Rp 100.000 per bulannya.

Tentu hal ini merupakan sebuah keunggulan tersendiri, dimana Universitas Pamulang ini memang keberadaannya untuk sumbangsih pendidikan tinggi bagi masyarakat yang kurang mampu sehingga diberikan kemudahan-kemudahan dalam membayarnya.

8. Universitas 17 Agustus 1945.

Kampus dengan sebutan Untag ini berada di Kota Surabaya. Biaya kuliah di Untag ini berada dikisaran Rp 500.000 sampai dengan Rp 600.000 per semester.

Universitas 17 Agustus 1945 merupakan universitas yang memang memiliki akreditasi yang baik di mana biaya kuliahnya memang sangat terjangkau bagi masyarakat lapisan bawah di Kota Surabaya dan sekitarnya.

9. Universitas Sawerigading.

Menyeberang ke Pulau Sulawesi, di Kota Makasar, Sulawesi Utara ada kampus Universitas Sawerigading yang juga dikenal terjangkau biaya kuliahnya.

Dengan biaya Rp 500.000 hingga Rp 600.000 per semester, kamu sudah mendapatkan kampus swasta berkategori berkualitas di Indonesia. Kampus ini layak menjadi referensimu.

10. Universitas Stikubank.

Kampus yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah ini menjadi salah satu universitas dengan biaya yang tergolong sangat terjangkau untuk warga Semarang dalam meneruskan pendidikannya.

Adapun besaran SPP yang harus dikeluarkan pada setiap semesternya adalah Rp 400.000 hingga Rp 700.000 per mahasiswa.

Itulah kesepuluh kampus swasta Indonesia yang masuk dalam kategori terjangkau biaya kuliahnya. Kesepuluhnya cukup tersebar di beberapa daerah sehingga kamu lebih leluasa dalam memilih. Guna mengetahui info lebih lanjut kampus pilihanmu, silahkan akses situs web kampus masing-masing.

Awib Lomanis

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here