UNHAS Tuan Rumah Forum Rektor Indonesia Ke 20

0
234
Sumber foto: unhas.ac.id

Sekitar 400 lebih rektor perwakilan perguruan tinggi dari berbagai kampus di seluruh Indonesia dipastikan hadir mengikuti Forum Rektor Indonesia (FRI) bertempat di Baruga AP Pettarani, Universitas Hasanuddin, Makassar, pada 15-18 Februari 2018

Forum Rektor Indonesia adalah lembaga normatif yang menjadi wadah komunikasi dan pertukaran ide, gagasan, serta strategi antar pemimpin perguruan tinggi di seluruh Indonesia. FRI bertujuan agar bisa memberi solusi alternatif serta saran strategis kepada pemerintah dan juga masyarakat terkait pengembangan regulasi dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. FRI juga menjadi salah satu lembaga yang ikut andil dalam langkah penting saat reformasi nasional 1998.

“Jadi hingga saat ini telah tercatat sebanyak 455 rektor perguruan tinggi mendaftar ke panitia. Jumlah ini masih mungkin bertambah karena kita masih membuka hingga malam,” kata Kepala Unit Humas dan Protokoler Universitas Hasanuddin, Ishaq Rahman, Kamis (15/2).

Acara yang terdiri dari Konvensi Kampus ke-14 dan Temu Tahunan FRI ke-20 ini akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Selain para rektor perguruan tinggi negeri dan swasta, tentunya pimpinan dan dekan serta wakil dekan Universitas Hasanuddin juga turut menjadi peserta. Pejabat tinggi di Sulawesi Selatan juga akan berpartisipasi.

“Inilah untuk pertama kalinya, Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kampus Unhas dalam kapasitas sebagai Presiden Republik Indonesia,” sebut Ishaq. Sebelumnya, Jokowi memang pernah berkunjung ketika masih sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 4 Oktober 2013.

Sumber foto: unhas.ac.id

Konferensi FRI mengambil tema “Memperkuat Karakter Bangsa Dalam Menghadapi Disrupsi Peradaban”. Beberapa pembicara kunci rencananya juga akan mengisi acara ini, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Riset Perguruan Tinggi Mohamad Nasir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Prof. Chaerul Tanjung, Yudi Latif, Prof. Muhammad Nuh, dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko.

Selain itu, acara yang dihadiri oleh 1700 peserta ini juga diisi dengan penyerahan tongkat estafet kepemimpinan Forum Rektor Indonesia kepada Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, yang telah terpilih pada Temu Tahunan FRI 2017 di Jakarta. Pada saat bersamaan juga berlangsung pameran pendidikan di Pelataran Baruga A.P. Pettarani, Kampus Unhas Tamalanrea.

Awib Lomanis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here