Mengenal Kampusnya Para Penulis

0
177
Sumber foto: dailygenius.com

Menulis kini sudah menjadi tren bagian dari gaya hidup kaum muda. Tidak hanya itu, menulis juga dapat dijadikan profesi ataupun sebuah mata pencaharian yang menghasilkan pendapatan. Baik bergabung dengan perusahaan media maupun secara individu.

Kebanyakan dari mereka, entah jurnalis, novelis, peneliti dan sebagainya, belajar dan berlatih menulis sendiri (otodidak), selain juga karena hobi dan sudah menjadi kebiasaan. Di Indonesia, sekolah atau kampus yang secara khusus mengajarkan mahasiswanya menulis belum ada.

Hal ini memang berbanding lurus dengan budaya literasi masyarakat Indonesia yang rendah. Bandingkan dengan sekolah/kampus luar yang kurikulumnya begitu menghargai karya sastra, dan kemudian mampu memacu siswa untuk menulis. Jika memang kamu ingin belajar menulis secara akademik, maka berikut info beberapa kampus yang mungkin cocok buatmu.

Institut Teknologi Massachusetts (MIT).

Foto: Istimewa

Program pendidikan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi ini memang identik dengan program yang berhubungan dengan teknologi, ilmu Komputer, dan teknik. Namun, selain program-program dalam bidang-bidang tersebut, Institut Teknologi Massachusetts juga menyediakan program yang berhubungan dengan ilmu penulisan.

Hal yang tidak kalah spesial adalah fakta bahwa Institut Teknologi Massachusetts berada di Cambridge, “surga” bagi para pecinta buku dan penulis berbagai macam genre tulisan.

Universitas Washington.

Foto: Istimewa

Washington University (St. Louis, Missouri) menyediakan program ilmu penulisan yang terangkum dalam Wash U’s Creative Writing. Bukan hanya memberikan kesempatan untuk belajar mengenai penulisan fiksi dan puisi, program kursus tersebut juga menawarkan topik spesial, yakni Sudden Fiction and Microfiction, The Short-Short, Literary Journalism, serta Suburb Stories.

Universitas Emory.

Foto: Istimewa

Emory University menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin menjadi seorang penulis. Perguruan tinggi ini menawarkan beragam pilihan dalam program ilmu penulisan, seperti penulisan puisi, non-fiksi, fiksi, naskah, dan naskah drama.

Tidak hanya itu, di kampus ini kamu juga berkesempatan menghadiri sesi tanya-jawab dengan penulis pemenang penghargaan, belajar berbagai genre penulisan, bersaing untuk memperoleh penghargaan dan beasiswa dalam bidang penulisan, hingga bekerja sama dengan pembimbing untuk menyelesaikan proyek-proyek besar.

Universitas Northwestern.

Foto: Istimewa

Program penulisan kreatif gelar sarjana di Universitas Northwestern dibimbing langsung oleh sejumlah profesor terkenal dan memiliki rekam jejak yang tak tertandingi dalam dunia penulisan. Salah satunya yakni penulis Divergent, Veronica Roth.

Di luar kelas, kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengerjakan jurnal sastra, magang di perusahaan penerbitan di sekitar Chicago, atau terlibat dalam kompetisi penulisan tahunan yang diselenggarakan Departemen Bahasa Inggris.

Universitas Johns Hopkins.

Foto: Istimewa

Perguruan Tinggi ini merupakan sekolah yang sangat dikenal dalam bidang ilmu penulisan. Seperti halnya MIT, Universitas John Hopkins memiliki program penulisan khusus.

Kampus ini juga menyediakan berbagai pilihan program menulis kreatif. Dibandingkan meminta mahasiswanya fokus pada disiplin ilmu tertentu, program-program yang ada bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi tulisan dalam berbagai bentuk berbeda. Bukan hanya puisi dan fiksi, namun juga mencakup laporan dan esai persuasif.

Itulah 5 perguruan tinggi yang siap membantumu mewujudkan impian sebagai seorang penulis. Masing-masing universitas memiliki program yang beragam. Temukan genre apa yang ingin kamu dalami, dan kunjungi websitenya guna mengetahui syarat-syarat pendaftarannya.

Awib Lomanis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here