IPB Buka Jalur Baru Penerimaan Mahasiswa Baru

0
324
Sumber foto: ipb.ac.id

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu kampus favorit di Indonesia yang berada di Jawa Barat. Banyak siswa SMA yang tertarik untuk mendaftar namun memang tidak mudah karena seleksi yang cukup ketat. Namun ada berita menarik bagi siswa yang aktif di OSIS, terutama sebagai ketuanya.

Ya, IPB bakal membuka jalur baru seleksi masuk yakni melalui jalur Ketua OSIS atau talenta kepemimpinan. Hal ini diungkapkan Rektor IPB, Dr Arif Satria di acara Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN di Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga, Bogor, Rabu (31/1).

Foto: Istimewa

Menurut Arif, rencana membuka jalur tersebut sebagai komitmen dalam mencetak pemimpin-pemimpin bangsa, “Komitmen ini akan IPB wujudkan melalui sejumlah langkah dan proses yang sistematis. Salah satunya dengan membuka jalur baru seleksi masuk IPB melalui jalur Ketua OSIS atau jalur talenta kepemimpinan,” ujarnya.

Rektor menambahkan, calon mahasiswa untuk belajar bidang pertanian semakin menurun. Hal ini yang mendorong IPB membuka seleksi untuk mencari calon mahasiswa yang memiliki kecintaan di bidang pertanian sekaligus memiliki bakat (talenta) kepemimpinan dan kewirausahaan.

Pada tahun 2018 ini rencananya IPB mengalokasikan 130-160 tempat dari kuota total 4 ribu mahasiswa untuk jalur khusus Ketua OSIS. Selain pernah menjadi Ketua OSIS (diperkuat dengan surat keterangan Kepala Sekolah), persyaratan lainnya meliputi: lulusan jurusan IPA.
Berikutnya, rata-rata nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi sekurangnya 80.

Calon mahasiswa juga wajib mengajukan lamaran kepada Rektor IPB dengan menyertakan biodata dan kegiatan selama menjadi Ketua OSIS yang disetujui/diketahui oleh Kepala Sekolah.

Diwajibkan pula membuat Sinopsis Kontribusi untuk Pembangunan Indonesia di masa mendatang. Dan syarat terakhir, bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya. Lamaran dikirimkan kepada Rektor IPB mulai 1 April-1 Juni 2018.

Pengumuman hasil seleksi dijadualkan 9 Juli 2018. Keterangan lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru IPB di berbagai jalur mandiri termasuk jalur khusus Ketua OSIS akan diunggah di website Admisi IPB (admisi.ipb.ac.id) pada bulan Februari 2018.

“IPB akan mengasah potensi mereka untuk dijadikan calon-calon pemimpin bangsa, baik di bidang technopreneur, teknokrat, sociopreneur, maupun di bidang lainnya,” ungkap Rektor. Bagi Rektor, para Ketua OSIS telah memiliki gen leadership yang bagus dan teruji, sehingga akan menjadi bibit-bibit unggul pemimpin bangsa.

“Dengan sentuhan IPB Insya Allah akan mampu menjadi trend setter perubahan bangsa ini menjadi bangsa Indonesia yang tangguh, berdaulat, dan mandiri,” harap Rektor.

Awib Lomanis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here