Lapangan Kerja Terbatas, Masih Mau Sekolah Pilot?

0
566
Sumber foto: Bandung Pilot Academy FB Profile

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mengurangi jumlah sekolah pilot di Indonesia. Bahkan akan ada sekolah pilot yang ditutup. Menurutnya, saat ini terjadi oversupply jumlah lulusan pilot yang lebih banyak dari kebutuhan.

“Sehingga tahun lalu itu seribu, terus sempat diserap jadi 600. Tapi 600 ini harus kita selesaikan secara struktural. Apa yang akan kita lakukan, kita akan tes 600 itu menjadi 200 atau 300, akan kita didik supaya mempunyai kualifikasi lebih bagus,” ujar menhub usai rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di Gedung Nusantara, Rabu (24/1/2018).

Menurutnya lagi, dari 18 sekolah yang saat ini masih tersedia, masing- masing memiliki 50 lulusan. Dalam waktu satu tahun sudah ada 900 lulusan jumlah tersebut tidak mungkin terserap karena perkembangan jumlah lapangan kerja. Untuk profesi pilot belum sebanding dengan jumlah lulusan.

“Engga bisa nyerap lagi nanti, dan bayarnya kan mahal kasihan orang tuanya. Makanya kita sekolahkan setelah dia tambah kualitas kita minta airlines untuk merekrut sebagian, dan sebagian jadi cadangan. Jadi satu tahun percobaan, setelah dievaluasi mana yang cocok ya diterima,” terangnya.

Kebijakan yang baru akan diterapkan ini tentu berdampak bagi nasib lulusan calon pilot serta calon siswa yang ingin meneruskan pendidikan di sekolah pilot. Apakah ingin terus melanjutkan keinginan masuk ke sekolah pilot atau beralih kejurusan yang lain yang lebih menjanjikan lapangan kerjanya kelak?

Sumber foto: eaaa.org

Sebagai informasi saja, berikut beberapa sekolah pilot yang ada di Indonesia:

  1. Eagle Air Academy, berlokasi di Jl. Pluit Raya No. 132 X-Y, Jakut. No telp: +6221 66674784. Sedangkan biaya pendidikan sampai dengan lulus sekitar US$ 33.000,-
  2. Bali International Flight Academy, berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman Kav. 58, Japus. No telp yang bisa dihubungi +6221 58357305, serta biaya mencapai 620 jt sampai lulus.
  3. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), berada di Jl. Raya PLP Curug, Legok, Tangerang, Propinsi Banten (+6221 5982204). Biaya pendidikan 20 jt sampai lulus.
  4. Akademik Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) beralamat di Jl. Jemur Andayani I/73, Siwalankerto, Wonocolo, Surabaya, Propinsi Jawa Timur. Nomer yang bisa dihubungi +6231 8410871, serta biaya pendidikan sampai lulus mencapai 48 jt.

Peluang kerja yang terbatas serta tingginya biaya pendidikan biasanya menjadi pertimbangan utama dalam memilih pendidikan setingkat perguruan tinggi. Jika dulu pilot adalah cita-cita sebagian besar anak kecil, maka mungkin kini perlu dipikirkan lagi.

Awib Lomanis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here