Try Out Nasional SBMPTN 2018 di Yogyakarta

0
1086
Foto: Istimewa

Hujan tidak memadamkan semangat siswa-siswa SMA untuk mengikuti acara Try Out Nasional Persiapan SBMPTN tertulis dan berskala nasional di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (21/1/18). Alumni OSIS Indonesia bekerjasama dengan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta menyelenggarakan Try Out Nasional SBMPTN 2018.

Try Out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 di Yogyakarta diikuti oleh 828 siswa SMA yang berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Palembang hingga Papua dengan tiga alternatif jurusan yang bisa diambil yaitu Saintek (IPA), Soshum (IPS) dan IPC (campuran).

Faizal Aco, M.IP., selaku ketua panitia penyelenggara menjelaskan, “Besar harapan kami nantinya peserta try out bisa sukses dalam menghadapi tes SBMPTN yang diselelenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri dan semoga UP45 kedepannya lebih banyak lagi menjaring peserta-peserta bukan hanya dari Yogyakarta tetapi dari luar Yogyakarta”.

“Memang banyak sekali Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Yogyakarta, tetapi UP45 lebih fokus pada generasi-generasi muda dari  luar Yogyakarta yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Ke depan kami juga mengharapkan siswa-siswa kelas XII setelah selesai Ujian Nasional dapat bergabung ke UP45 Yogyakarta”, tambah Faizal.

Acara hari dimulai pukul 07.00 hingga 13.30 WIB. Antusiasme peserta sudah mulai terlihat dari mulai registrasi, yang rela antri panjang untuk daftar ulang dengan cuaca yang tidak bersahabat hingga saat mengerjakan soal ujian.

Jauh-jauh datang dari Purwerejo, pelajar SMA 1 Purworejo ini mempunyai motivasi mengikuti try out di UP45 agar bisa memanage waktu dengan baik dalam mengerjakan soal IPC. Dari mengikuti try out hari ini ia menjelaskan bahwa Ia menjadi mengetahui bahwa masih banyak materi-materi yang belum dipahami dan dimengerti, ujar Nurul.

Safira, alumni SMAN 3 Magelang menjelaskan, “Motivasi saya ialah ingin mengukur kemampuan yang dimiliki sudah sejauhmana dalam mempersiapkan SBMPTN 2018 dan karena try out kali ini di ranking nasional semakin menambah  semangat dan tantangan tersendiri untuk mencapai hasil yang terbaik”.

Foto: Istimewa

Berbeda dengan Muti (alumni MAN 3 Yogyakarta) menjelaskan, “Pengalaman gagal SBMPTN tahun kemarin tidak ingin terulang lagi di tahun ini, sehingga perlu banyak latihan agar terbiasa dengan soal-soal SBMPTN”. Siswa yang mempunyai cita-cita masuk jurusan Biomedis ini menambahkan, :dengan try out ini saya berharap bisa lebih paham pola-pola soal SBMPTN”.

Maria, selaku panitia alumni OSIS Indonesia menambahkan, “tujuan diadakannya Try Out Nasional SBMPTN ini adalah untuk mengasah kemampuan  dan persiapan teman-teman dalam menyambut SBMPTN serta agar terbiasa dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN”. Alumni OSIS Indonesia sendiri merupakan perkumpulan anak-anak muda yang lebih memfokuskan dalam kegiatan try out SBMPTN yang kantor pusatnya berada di Bandung, ujar Maria.

Semoga acara Try Out Nasional SBMPTN kali ini bukan hanya bermanfaat bagi UP45 Yogyakarta tetapi juga siswa-siswa kelas XII secara keseluruhan dalam upaya mempersiapkan SBMPTN 2018.

Penulis:

Wahyu Relisa Ningrum

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here