SwaraKampus.com Aktif Bina Penulis

0
480

Sebagai media dan wadah bagi tulisan hasil karya mahasiswa, swarakampus.com senantiasa mengepakkan sayapnya. Swaka online tidak hanya menjadi media yang siap menampung tulisan mahasiswa, tetapi juga aktif melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap mahasiswa dan umum. Seperti yang dilakukan pada sabtu (20/01) swaka online bekerja sama dengan Shopback memberikan pelatihan menulis bagi mahasiswa, dosen, guru dan blogger.

Pelatihan yang diadakan di Almond Bakkery and Resto, Seturan itu dihadiri oleh 36 orang peserta dari berbagai kampus dan komunitas di Yogyakarta. Mechael Brahmantya, city louncher Shopback yang sekaligus sebagai panitia acara pelatihan tersebut menyampaikan bahwa pihaknya bekerjasama dengan swaka online dengan maksud  berbagi ilmu menulis dengan komunitas blogger dan akademisi. Pria yang akrab dipanggi Bram itu menambahkan, dengan pelatihan ini diharapkan dapat menambah kontribusi terhadap Konten-konten internet dengan konten yang positif.

Dalam acara tersebut hadir dua pembicara dari swaka online yakni Krisno Wibowo (pimred) dan agung wibawanto (editor). Keduanya memberikan materi jurnalistik bagi peserta yang mengikuti acara tersebut. Sedangkan Michael Brahmantya memberikan materi lebih mengarah pada konten-konten internet. Hal ini menyesuaikan latar belakang masing-masing pembicara. Seperi yang disampaikan Bram, “Kalau konten swaka lebih mengarah pada akademis, kami lebih mengarah pada tulisan yang berhubungan dengan finansial”.

Peserta pelatihan yang dimulai pada jam 10.00 WIB. Itu diikuti peserta dengan penuh minat. Meski sepanjang pelaksanaan acara suasana sekitar sedang hujan, namun tidak mempengaruhi semangat peseta untuk mengikuti pelatihan tersebut. Neyla Hamadah, salah satu peserta yang merupakan mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta menyampaikan bahwa dirinya dirinya sangat terkesan dengan pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama antara shopback dengan swaka online.

Foto: SwaraKampus.com

“Acaranya sangat bagus dan dikemas menarik dalam suasana yang asik. Materinya berisi dan bergizi. Saya  mengharap acara semacam ini terus diadakan, supaya lahir penulis-penulis yang pintar dan kreatif dalam menyampaikan informasi yang membangun, dan bisa meredam hoax dan berita-berita negatif”, demikian kata Neyla.

Krisno Wibowo yang merupakan pimred swaka online menyampaikan bahwa acara yang semacam ini sebagai bagian dari pengembangan swaka dan memperluas jaringan. Swaka online akan senantiasa menjaga eksistensinya untuk menjadi wadah bagi tulisan mahasiswa sekaligus memberikan pelatihan dan pembinaan bagi mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat dalam bidang jurnalistik.

Kris menambahkan, meski baru dua bulan swaka online lounching, namun telah mampu menarik perhatian dan minat mahasiswa. Kedepannya swaka akan senantiasa intens memberikan pelatihan semacam ini untuk mendukung kreatifitas mahasiswa dalam bidang jurnalistik.

Moh Taqiyuddin Saleh (Mahasiswa UNU Yogyakarta) & Relisa (Mahasiswi UP45 Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here