Inilah 10 keahlian IT yang paling dibutuhkan di 2020! – bagian pertama

1
2092
Sumber foto: youth-time.eu

Ketika kecerdasan buatan (artificial intelligence), virtual reality, serta Internet of Things segera dimanfaatkan luas di pelbagai perusahaan di masa mendatang, beberapa keahlian IT (Teknologi Informasi) akan semakin dicari di tahun-tahun mendatang.

Saat semakin banyak perusahaan mengalami transformasi digital, kebutuhan akan keahlian di bidang IT (Teknologi Informasi) akan mengalami perubahan di tahun 2020 yang berfokus pada teknologi informasi lanjut seperti kecerdasan buatan (AI – Artificial Intelligence), Augmented & Virtual Reality (AR & VR), serta Internet of Things (IoT).

Gabungan kemampuan di bidang teknologi serta kemampuan bisnis sangat diperlukan pada pelbagai posisi pekerjaan. Sebagaimana disampaikan oleh James Stanger pimpinan CompTIA seperti dikutip oleh ZDNet. “Masyarakat sudah lama menyadari tentang transformasi digital dalam bisnis,” kata Stanger. “Kita akan melihat jenis pekerjaan lama akan berubah atau hilang sama sekali. Penguasaan IT tentu penting sekali terutama yang berkaitan dengan aspek-aspek bisnis.”

Berikut ini 10 keahlian IT yang diperkirakan akan sangat diperlukan pada kisaran tahun 2020:

1. Computer Vision Engineer

Kebutuhan akan Computer Vision Engineer (Ahli Teknik pengenalan obyek visual) semakin tumbuh sejak 2013. Dalam bidang ini kemampuan komputer untuk melihat serta mengenali obyek-obyek semakin ditingkatkan. Teknologi ini akan dimanfaatkan semisal dalam pengembangan mobil tanpa awak (self driving cars).

2. Machine Learning Engineer

Ahli dalam bidang ini terdiri dari programer yang bakal mengembangkan kecerdasan buatan sehingga suatu sistem mesin mampu belajar serta menerapkan pengetahuan. Aneka bidang bisa memanfaatkan kemampuan mesin yang mampu belajar serta bekerja lebih baik.

3. Network Analyst

Investasi besar-besaran dalam bidang jaringan komputer memerlukan ahli-ahli di bidang ini. Network Analyst diperlukan untuk memahami tren informasi dari lalu lintas dalam jejaring, serta mampu menafsirkannya secara bisnis.

Sumber foto: pexels.com

4. Security Analyst

Ahli keamanan cyber semakin diperlukan di masa mendatang. Dengan meningkatnya aktifitas di jejaring internet, ancaman terhadap keamanan data menjadi semakin penting.

5. Cloud Engineer

Saat ini semakin banyak perusahaan mengalihkan sistem pengolahan dan penyimpanan data-data berbasis internet (cloud computing).

Berlanjut ke bagian kedua

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here