Inilah 10 keahlian IT yang paling dibutuhkan di 2020! – bagian kedua

1
432
Sumber foto: youth-time.eu

Lanjutan dari bagian pertama

Ketika kecerdasan buatan (artificial intelligence), virtual reality, serta Internet of Things segera dimanfaatkan luas di pelbagai perusahaan di masa mendatang, beberapa keahlian IT (Teknologi Informasi) akan semakin dicari di tahun-tahun mendatang.

Saat semakin banyak perusahaan mengalami transformasi digital, kebutuhan akan keahlian di bidang IT (Teknologi Informasi) akan mengalami perubahan di tahun 2020 yang berfokus pada teknologi informasi lanjut seperti kecerdasan buatan (AI – Artificial Intelligence), Augmented & Virtual Reality (AR & VR), serta Internet of Things (IoT).

Gabungan kemampuan di bidang teknologi serta kemampuan bisnis sangat diperlukan pada pelbagai posisi pekerjaan. Sebagaimana disampaikan oleh James Stanger pimpinan CompTIA seperti dikutip oleh ZDNet. “Masyarakat sudah lama menyadari tentang transformasi digital dalam bisnis,” kata Stanger. “Kita akan melihat jenis pekerjaan lama akan berubah atau hilang sama sekali. Penguasaan IT tentu penting sekali terutama yang berkaitan dengan aspek-aspek bisnis.”

Berikut ini 10 keahlian IT yang diperkirakan akan sangat diperlukan pada kisaran tahun 2020:

Sumber foto: pexels.com

6. App Developer

Pada masa mendatang, ketika komputer dengan pelbagai perangkat semakin merasuki kehidupan setiap manusia, keahlian di bidang pengembangan aplikasi semakin diperlukan.

7. Business Intelligence (BI) Analyst

Dengan semakin pentingnya aspek bisnis serta ketatnya kompetisi, ahli di bidang intelijen bisnis akan semakin diperlukan. Dalam bidang ini akan menentukan posisi perusahaan di antara para pesaing, bagaimana strategi pengembangan bisnis, serta penghematan biaaya perusahaan.

8. DevOps Lead

Dengan semakin banyaknya ahli developer aplikasi serta analis-analis bisnis, maka ahli yang memiliki kemampuan kuat dalam pengembangan operasi bisnis sangat diperlukan. Ahli di bidang ini akan mengepalai pengembangan bisnis serta proyek-proyek manajemen lainnya dalam sebuah perusahaan.

9. Database administrator

Ahli dalam bidang administrasi database semakin banyak diperlukan. Pada era ketika perusahaan bekerja berdasarkan data-data yang sedemikan melimpah, ahli dalam bidang ini akan diperlukan untuk melalukan sistemasi data sehingga bisa dipresentasikan menjadi informasi penting dalam pengambilan keputusan.

10. User Support Specialist

Sesudah sekian banyak teknologi baru diadaptasi oleh perusahaan masa depan, diperlukan ahli-ahli pelatihan yang diperlukan untuk membimbing staf dan karyawan belajar serta mampu bekerja dengan teknologi tersebut.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here