Smartphone, Bergengsi Atau Berfungsi?

0
89
Sumber foto: pexels.com

Alat komunikasi yang satu ini terus berinovasi secara revolusioner. Mungkin memang benar bahwa Indonesia terlambat mengetahui dan menikmati kecanggihan teknologi bernama smartphone ini dibanding negara maju lainnya.

Namun begitu tidak ada masyarakat Indonesia yang tidak terkagum dengan benda satu ini kan? Efek yang ditimbulkan sangat nyata, baik yang positif maupun negatif. Smartphone dapat mewujudkan apa yang dulu (bahkan) tidak sempat kamu bayangkan. Meski banyak juga perubahan negatif dari kehadirannya.

Pun, smartphone menjadi benda yang bisa menggantikan kamu sebagai penggunanya. Bayangkan, smartphone adalah “nyawa” pemiliknya. Seolah bumi tidak berputar, kehidupan tidak berjalan bahkan jantung berhenti berdetak bila hp mu rusak, hilang atau cuma tertinggal.

Sedemikian drastisnya ketergantungan kepada benda yang satu ini. Yang perlu dicatat bahwa jenis ketergantungan terhadap smartphone di masyarakat Indonesia masih sebatas konsumtif. Hanya sebagian kecil yang memang bisa memanfaatkannya sebagai ketergantungan untuk sesuatu yang produktif.

Apapun itu, kenyataan sekarang, smartphone sudah menjadi bagian life style, dan life style sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia mulai dari perkotaan hingga pelosok desa, mulai tua, muda hingga dini. Semua strata sosial di masyarakat menggunakan dan membutuhkan hp.

Sumber foto: pexels.com

Dalam konteks (kebutuhan) tersebut, tidak heran produsen hp di seluruh dunia berlomba dan bersaing dengan cara membuat inovasi baru. Dalam hitungan bulan, sebuah produk smartphone baru akan berubah statusnya menjadi kedaluarsa. Karena ini life style, maka demi gengsi (tapi ada juga sih yang demi fungsi), smartphone keluaran terbaru tetap akan diburu.

Tidak sekadar lebih baru, lebih mulus, tapi juga lebih canggih karena inovasi tadi. Dengan kecanggih tersebut dianggap akan membantu serta mempermudah produktivitas kerja penggunanya. Bagi pemilik smartphone jenis lama juga mau tidak mau akan beralih, disebabkan lingkungan kerjanya sudah mengkondisikan demikian.

Jika demikan (berganti-ganti hp yang terbarukan), disarankan agar kamu memperhatikan semua data dan kontennya yang kemungkinan bisa melekat permanen pada hp lama. Kamu tidak akan merasa nyaman jika pembeli hp lama mu masih bisa melihat apalagi mengakses data-datamu. Tentu hal ini dapat berpotensi terjadinya penyalah-gunaan identitas atas namamu.

Berikut kita bahas sedikit soal hp seperti apa yang bakal trend di tahun 2018? Mungkin kamu sudah bosan dengan hp lamamu, atau mebutuhkan fitur-fitur baru sebagai kelengkapan kerja ataupun kuliah. Maka kamu perlu mencari tahu dan mengetahui banyak fitur seperti apa yang kamu memang perlukan. Bukan sekadar canggih tapi tidak bisa menggunakan alias tidak bermanfaat.

Under Display Fingerprint Scanner

Coba perhatikan hp mu sekarang. Semakin tipisnya smartphone, semakin lebarnya layar membuat beberapa lokasi tombol fisik dan juga ruang untuk fitur tertentu menjadi lebih terbatas seperti untuk fingerprint yang kini kebanyakan berada di belakang bodi smartphone.
Nah, untuk smartphone android 2018 diprediksi letak fingerprint scanner berada di layar depan atau lebih tepatnya berada di bawah layar sehingga kamu hanya perlu menyentuh layar. Tanpa diduga nih, ternyata Vivo menjadi vendor pertama yang memperkenalkan produk ini dan langsung disambar oleh kompetitor lainnya.

Smartphone Layar Fleksibel

Sudah kamu tunggu lama kehadirannya sejak 2016, namun belum ada tanda resmi pengembangannya. Banyak pihak yang memprediksi bahwa layar flexible ini tidak digunakan sebagai smartphone android 2018, melainkan untuk tablet atau perangkat wearable seperti smartwatch atau lainnya. Yang pasti perangkat tersebut akan mendukung kompatibilitas smartphone androidmu.

Bezel-less Display Murah

Kamu tahu kan, dengan adanya teknologi baru, maka teknologi lama akan mulai usang dan akan semakin murah untuk digunakan di produk-produk menengah kebawah. Nah, kali ini untuk bezel less display bisa langsung kamu rasakan tanpa harus merogoh kocek dalam dalam karena fitur ini akan dapat kamu rasakan di LG Q6 yang menyasar pengguna smartphone kelas menengah.

Belum ada kabar lainnya mengenai saingan LG Q6 ini, namun diprediksi bahwa smartphone dengan bezel tipis ini akan menjadi trend di tahun 2018. Nah, sekarang, mulailah kamu memilih dengan bijak, demi gengsi atau memang berfungsi?

Penulis:
Awib Lomanis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here