Mahasiswa Pascasarjana NU UGM Diskusikan Manfaat Jamur Edible

0
103
Sumber foto: nu.or.id

Forum Silaturahim Mahasiswa Pascasarjana NU UGM kembali mengadakan diskusi bulanan ke-5 pada hari kamis (16/11). Diskusi ini mengangkat tema “Pemanfaatan jamur-jamur edible sebagai alternatif makanan sehat bagi masyarakat,” bertempat di laboratorium Integrated of Plant Disease Science Fakultas Pertanian UGM.

Hujan yang mengguyur kota Jogja sejak siang tidak menyurutkan para mahasiswa pascasarjana UGM untuk berkumpul di Fakultas Pertanian guna mengikuti diskusi ini. Hadir sebagai pembicara dalam diskusi ini, Bahru Rohmah, mahasiswa pascasarjana pada program studi Fitopatologi Fakultas Pertanian UGM, sedangkan moderator diskusi pada kesempatan ini adalah Etha Azizah Hasib, Alumni Pascasarjana Ilmu Pertanian UGM.

Jamur edibel adalah jamur yang dapat dikonsumsi, sebagai salah satu alternatif sumber makanan sehat bagi masyarakat. Bahru menjelaskan beberapa jenis jamur edible yang dapat dikonsumsi, seperti jamur tiram, jamur merang, jamur kancing, dan beberapa jamur konsumsi lainnya. Disebutkan lebih lanjut bahwa sudah terdapat 35 jenis jamur edibel, namun yang sudah dibudidayakan sebanyak 20 jenis.

Sumber: pxhere.com

Dari berbagai jenis jamur tersebut, jamur tiram memiliki presentase budidaya terbesar, yaitu sebesar 25%. Hal ini didukung karena meningkatnya pengetahuan masyarakat akan konsumsi jamur serta keberadaan jamur yang mudah didapatkan. Selain menjelaskan jamur edibel, Bahru juga menjelaskan mengenai jamur yang beracun dan jamur yang dapat dijadikan sebagai obat. “Jamur genoderma lucidum, adalah salah satu jamur yang banyak digunakan sebagai obat pada beberapa penyakit,” jelas Bahru.

Forum diskusi ini merupakan wadah bagi mahasiswa pascasarjana, baik S2 maupun S3 UGM untuk sharing tentang keilmuannya, dan dibahas bersama dalam frum lintas disiplin. Kekuatan forum ini adalah karena masing-masing peserta diskusi datang dari latar belakang keilmuan yang bebeda, baik dari rumpun keilmuan sosial-humaniora, maupun dari rumpun keilmuan eksakta. Kekuatan forum ini adalah mengintegarsikan masing-masing bidang keilmuan untuk memperkuat dan membahas suatu masalah agar lebih komprehensif.

(Irsyadul Ibad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here