Mimpi Mahasiswa Lombok di Yogya, Apaan Tuh?

0
120

Sejak hampir lima tahun menuntun ilmu di daerah istimewa Yogyakarta, kota yang terkenal dengan kota pelajar, membuat saya teringat dengan kampung halaman di Lombok. Terinspirasi dengan pembangunan besar-besaran perpustakaan baru-baru ini di Yogyakarta oleh Pemerintah Yogyakarta, yaitu Perpustakaan Ghratama Pustaka sebagai perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara, membuat nurani pribadi saya seraya berontak, “ Apa yang bisa saya lakukan untuk kampung halamanku, khususnya di Lombok ketika saya balik nanti”.

Kenapa saya pribadi memilih perpustakaan, karena saya masih percaya untuk memajukan sebuah negara tidak terlepas dari pendidikan terutama peranan perpustakaan dalam mendongkrak minat baca masyarakat tersebut. Berdasarkan studi Most Littered Nation In the World 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara.

Dari data tersebut, membuat saya pribadi bermimpi ada perpustakaan terbesar di Lombok.
Lombok adalah pulau yang terkenal dengan eksotis pantai yang indah dan budayanya. Banyak teman-teman saya dari luar pulau Jawa seperti Sumatra, Lampung, dari ujung pulau Indonesia yaitu Aceh. mengagumi Lombok.

Saya sendiri merasa bangga menjadi orang Lombok. Apabila kolaborasi pariwisata dan berdirinya pembangunan perpustakaan terbesar di Lombok hadir, tentunya akan menambah citra baik tentang Lombok.

Bayangkan saja apabila pembangunan ini bisa terealisasikan. Pusat pameran-pameran buku akan menghias di berbagai sudut kota di Pulau Lombok. Buku-buku dengan harga murah mudah didapatkan. Tua, muda dan anak akan menciptakan budaya baru gemar membaca. Citra Lombok di mata wisatawan asing akan lebih baik lagi. Ini adalah mimpi seorang pemuda dari Desa Lombok menuntut ilmu di Yogyakarta.

Penulis

L Muh Khaidir Ali

mahasiswaFak HukumUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here