Mahasiswi Jangan Takut Melanjutkan S2 dan S3 !

0
154
Wisudawati berkebaya dan toga (Foto: SwaraKampus.com)

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. K.H. Yudian Wahyudi, Ph.D menegaskan, mahasiswa jangan pernah takut untuk melanjutkan studinya. Apalagi bagi mahasiswi, yang biasanya takut melanjutkan studi karena persoalan lama menikah. “Urusan jodoh nanti bilang ke saya,” tuturnya sambil tertawa ringan.

Pesan ini disampaikan karena menurutnya sangat disayangkan apabila mahasiswa tidak melanjutkan studinya hanya karena takut tidak mendapatkan jodoh. Apalagi bagi mahasiswi, yang sesungguhnya juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan studinya. Namun, harus mengikuti budaya menikah muda, karena apabila menikah lama konstruksi negatif masyarakat akan menganggap dirinya susah mendapatkan jodoh.

Di sisi lain, Rektor UIN Sunan Kalijaga ini juga mengapresiasi mahasiswa yang suka terhadap kepenulisan ilmiah dalam hal ini academic writing. Karena ini menjadi modal bagi mahasiswa dalam melanjutkan studinya.

“Menulis itu menjadi kunci utama untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi seperti S2, S3 baik di Indonesia maupun di luar negeri. Harus punya bekal Academic Writing yang bagus, baru kemudian dibekali dengan metodologi penelitian. Jangan terbalik,” imbuhnya.

Seperti yang tertulis dalam bukunya yang berjudul, “Jihad Ilmiah Dua: Dari Harvard ke Yale dan Princeton”, bahwa peserta posdok dari luar negeri diberi tugas tambahan. Bukan hanya menulis makalahnya sendiri tapi juga membandingkan Indonesia dengan Non Indonesia, mengajarkan academic writing kepada peserta dari dalam negeri, menjadi reviewer bahkan proofreader.

Reporter : Lailatul Chodriyah (Mahasiswa Sosiologi)
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here